Siapa Jagoan Rizky Febian di Grammy Awards?

, , Leave a comment

Rizky Febian
Rizky Febian via showbiz.liputan6.com

Grammy Awards merupakan ajang apresiasi musisi berskala dunia yang banyak menarik perhatian insan musik. Sebagai seorang musisi muda Rizky Febian memberikan andil berupa support perihal nominatornya, pemenang AMI award 2016 kategori artis pendatang baru terbaik, mengaku sudah ada jagoannya, siapa dia?

“Nah aku (jagoin) itu, Joey Alexander,” jawabnya saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (6/1/2017).

Sebagai warga negera Indonesia, Rizky memberikan dukungan kepada pianis muda berbakat asal Bali tersebut. Anak dari komedian Sule itu bahkan mengaku dirinya pernah menyaksikan penampilan Joey Alexander secara langsung.

Pianis asal Indonesia tersebut memang kembali masuk ke dalam daftar nominasi Grammy Awards untuk kategori Best Improvised Jazz untuk album ‘Countdown’. Prestasi tersebut memang membanggakan, apalagi usia Joey masih terbilang muda, yaitu 13 tahun. Perhelatan musik akbar Grammy Awards siap kembali digelar. Berlangsung sukses setiap tahunnya, sederet musisi akan bertarung untuk unjuk kemampuan terbaik mereka lewat karya, yang akan dilaksanakan pada 12 Februari 2017 di Staples Center, Los Angeles dengan juri James Corden.

Joey memainkan piano ternyata telah diasah sejak dini. Ia pertama kali mengenal piano di usia 6 tahun yang langsung mampu memilih melodi Well, You Needn’t dari pianis Thelonious Monk dan standar jazz lainnya dari koleksi rekamanya sang ayah hanya dengan mendengarkan. Diperkenalkan musik jazz oleh sang ayah. Ayahnya yang merupakan seorang musisi amatir memperkenalkan Joey dengan rekaman jazz klasik dan membawanya ke sesi jam dengan musisi berpengalaman di Bali dan Jakarta. Sejak itu, kemampuan musiknya kian berkembang. Lewat penerapan belajar dengan mendengarkan, Joey memiliki influence awal dari musisi dunia. Mereka di antaranya Duke Ellington, Thelonious Monk, Bill Evans dan John Coltrane. Ia juga memiliki ketertarikan dengan pemain terompet seperti Clifford Brown, Lee Morgan, Miles Davis dan Wynton Marsalis.

Di usia ke 10 tahun, Joey telah tampil di berbagai festival jazz di Jakarta dan Kopenhagen. Tak hanya itu, ia juga berhasil memenangkan kontes improvisasi Internasional di Odessa, Ukraina menjadi yang terbaik dari 200 profesional jazz dari 17 negara.

Comments