Asupan Makanan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

, , Leave a comment

Asupan Makanan
Makanan Sehat da Bergizi via basetop.ru

Setiap orang pastinya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, termasuk kaum laki-laki berjuang untuk membentuk perut six pack.
Untuk membentuk perut gaya six pack dan otot sebenarnya tidak hanya sekedar datang ke gym melatih kekuatan fisik kita saja, tapi asupan makanan yang kita konsumsi juga berperan penting untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kita idamkan.

Protein penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Karbohidrat menjadi energi. Anda tidak mungkin hanya makan banyak protein dan mengharapkannya berubah menjadi otot dengan sendirinya di dalam tubuh. Asupan makanan apa saja yang harus kita konsumsi? Cermati daftar berikut:

Asupan Makanan untuk Tubuh

1. Buah dan Sayuran

Asupan Makanan
Asupan Makanan via bagilagi.com

Buah dan sayur adalah dasar pola makan yang sehat karena mengandung serat, vitamin, mineral, dan cairan. Sayuran mengandung protein dalam jumlah sedikit.

2. Susu dan Produk Susu Rendah Lemak

Asupan Makanan
Asupan Makanan via health.kompas.com

Mengandung protein dengan kualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin penting, seperti vitamin D, potasium, dan kalsium. Susu cokelat direkomendasi sebagai minuman paling ampuh untuk diminum usai olah raga.

3. Daging Tak Berlemak

Asupan Makanan
Asupan Makanan via food.detik.com

Sumber utama untuk protein dan juga zat besi untuk aliran oksigen ke otot-otot. Juga mengandung banyak asam amino, termasuk leusin, yang diyakini sebagai pemicu pertumbuhan otot.

4. Dada Ayam

Asupan Makanan
Asupan Makanan via www.cuteabis.com

Daging putih terbaik yang hampir setara dengan daging kalkun adalah bagian dada ayam, khususnya ayam kampung. Dada ayam cocok untuk program diet pembentukan maupun pemahatan otot. “Sebaiknya dada ayam yang direbus agar Anda tidak kehilangan kandungan nutrisi pentingnya. 100 gr dada ayam mengandung 29 gr protein, plus sejumlah asam amino esensial, selenium, niasin, vitamin B6, dan asam lemak omega-3 serta berbagai nutrisi lainnya.

5. Telur

Asupan Makanan
Asupan Makanan via food.detik.com

Telur mengandung protein dan vitamin B12 yang sangat tinggi yang berfungsi untuk memecah sel-sel lemak yang ada dalam perut dan membantu pembentukan otot. Telur mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan otot di perut Anda.
Manfaat ekstra : Telur juga mengandung vitamin dan mineral, kaya akan riboflavin, folat, vitamin B6, B12, zat besi, dan fosfor.

6. Kacang-kacangan

Asupan Makanan
Asupan Makanan via daunbuah.com

Kacang-kacangan kaya akan serat yang bagus untuk membersihkan usus dan memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membakar lemak dan membentuk massa otot. Salah satu jenis kacang dengan manfaat super adalah almond. Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang lebih banyak ketimbang jenis kacang lainnya. Vitamin E itu sendiri merupakan mikronutrien yang membantu proses pembentukan massa otot.

7. Biji Labu

Asupan Makanan
Asupan Makanan via wartakesehatan.com

Merupakan sumber protein, seng, magnesium, dan zat besi yang sangat baik. Keempatnya merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja menggunakan simpanan lemak sebagai sumber energi. Mereka juga mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk membantuk vitamin E yang jarang ditemukan dalam makanan. Ambillah segenggam biji-bijian ini sebagai camilan untuk membuat Anda tetap kenyang.

Cara Praktis

Jika Anda sedang berlatih dengan tujuan membentuk otot, sebaiknya:

  1. Setengah dari asupan kalori sehari berasal dari karbohidrat sehat.
  2. Rekomendasi asupan protein adalah 1,2 gram per kilogram berat badan untuk atlet, sedangkan buat membentuk otot, diperlukan 1,6 hingga 1,7 gram untuk tiap kilogram berat badan dalam sehari. Dua cangkir susu setara dengan 20 gram protein.
  3. Banyak orang tidak mengukur berapa banyak asupan tiap nutrisi. Cara paling praktis adalah isi piring dengan jumlah sama untuk empat jenis nutrisi, yakni karbohidrat, kemudian pilih tiga dari empat pilihan: buah atau sayuran, bijian utuh, lemak sehat, dan protein kaya kalsium atau tanpa lemak.

Comments