Pilkada Serentak Hari Ini Digelar, 7 Lembaga Survei Yang Paling Populer Di Indonesia

, , Leave a comment

Lembaga Survei
Lembaga Survei via www.tangeranghits.com

PEMILIHAN Kepala Daerah (pilkada) serentak pada 15 Februari 2016 merupakan hajatan yang dinanti oleh hampir seluruh elemen di seluruh penjuru Indonesia. Publik tentu berharap agar pilkada serentak terselenggara dengan baik dengan tetap menjaga keluhuran adab. Secara praktis keluhuran adab dapat dipahami, misalnya, oleh hadir dan berfungsinya berbagai elemen bangsa dalam proses pencerahan dan pencerdasan publik.

Dalam fakta dan perkembangannya dapat dikatakan bahwa selain media massa dan media sosial, elemen civil society seperti lembaga survei sejatinya memiliki peran yang sangat penting. Misalnya—menurut Eep Saefullah Fatah (2000)—lembaga survei turut serta memberi peluang kepada publik menguji kelayakan para elite politik untuk menjadi pemimpin di ranah publik, berikut adalah lembaga survei yang paling populer di indonesia;

Lembaga Survei Pilkada DKI

1. Lingkaran Survei Indonesia

Lingkaran Survei Indonesia
Lingkaran Survei Indonesia via insists.id

Lingkaran Survei Indonesia (disingkat LSI) adalah lembaga survei dan konsultan politik terkemuka di Indonesia. LSI didirikan pada tahun 2005 oleh sejumlah pembuat opini publik, peneliti , kolumnis, ahli survei, yang sejak lama terlibat dalam dunia penelitian. LSI aktif melakukan survei politik, baik pada Pemilu ataupun Pilkada. Pada tahun 2011, Universitas Kristen Indonesia (UKI) memberikan penghargaan “Achievement Award” kepada LSI karena dipandang berjasa telah memberi warna bagi ilmu sosial, komunikasi politik dan politik pemilu di Indonesia. LSI membawa tradisi ilmu sosial kuantitatif dengan kemampuannya memprediksi hasil pemilu yang belum terjadi. LSI juga dianggap berjasa membuat hasil riset menarik diberitakan bahkan menjadi “headline” di media nasional. LSI juga dinilai mewarnai politik praktis dan komunikasi politik di Indonesia.

Sebagai pelopor konsultan politik, Lingkaran Survei Indonesia ([LSI]) kerap menjadi bahan studi dan menjadi tempat studi banding politisi luar negeri. Pada akhir tahun 2010, Sejumlah delegasi Kongres Amerika (AS) dipimpin Zack Hudgins mengadakan audiensi dengan Lingkaran Survei Indonesia. Kedatangan delegasi kongres Amerika yang berjumlah lima orang tersebut sebagai bagian dari rangkaian kegiatannya di Indonesia untuk mengunjungi sejumlah lembaga seperti DPR, Partai Politik dan elit politik berpengaruh di Indonesia. Mengenai pilihannya untuk berkunjung ke LSI, delegasi kongres tersebut berpandangan karena Lingkaran Survei Indonesia dianggap sebagai representasi konsultan politik yang memiliki pengaruh dalam politik nasional di Indonesia. Terutama, karena perannya sebagai pelopor berdiri dan berkembangnya konsultan politik di tanah air.

2. Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI)

Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI)
Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) via foto.okezone.com

Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) adalah lembaga konsultan politik profesional yang berdiri sejak tahun 2005. LKPI bekerja sama dengan semua partai politik dan tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun. LKPI didirikan oleh para konsultan dan peneliti politik yang sudah berpengalaman banyak dalam bidang politik, khususnya pemilu.

LKPI bukanlah lembaga pollster (lembaga surveyor) yang sebatas memberikan jasa survei. LKPI adalah lembaga konsultan politik sebernarnya. LKPI adalah lembaga konsultan politik yang memberikan jasa pendampingan pemenangan bagi kandidat. LKPI bekerja lebih jauh dari sekedar lembaga survey. LKPI melakukan kerja-kerja politik dan langsung terjun di lapangan mendampingi kandidat untuk meraih kemenangan dalam pemilu.

Tim LKPI memiliki kemampuan handal dalam strategi dan teknik kampanye. Survey dan Quick Count hanyalah salah satu kemampuan dasar yang dimiliki lembaga konsultan politik. Sejauh ini LKPI telah melakukan survei pemetaan politik, baik untuk pemilu nasional, propinsi, dan kabupaten-kota. Di tingkat nasional, peneliti LKPI sudah terllibat dalam berbagai survei nasional dan Quick Count pemilu presiden 2004.

3. Poltracking Indonesia

Lembaga Survei Poltraking Indonesia
Lembaga Survei Poltraking Indonesia via nasional.kompas.com

Visi lembaga ini berupaya menjadi pusat kajian politik mengenai demokratisasi dan pelembagaan institusi-institusi demokrasi. Lembaga ini berkomitmen memberikan sumbangan pemikiran bagi perbaikan pelembagaan internal dan kebijakan institusi demokrasi Indonesia. Lembaga ini juga turut berperan serta aktif mendorong internalisasi nilai-nilai demokrasi untuk perbaikan kualitas demokratisasi di Indonesia.

Kami berkeyakinan bahwa partai politik dan pemilu merupakan instrumen penting perbaikan kualitas demokrasi politik. Partai politik memiliki posisi kekuasaan politik amat kuat dan strategis dengan mendominasi proses sirkulasi elite kepemimpinan politik di eksekutif dan legislatif – presiden, parlemen, dan kepala daerah – melalui instrumen pemilu, sekaligus menentukan seluruh kepemimpinan di lembaga yudikatif dan komisi-komisi negara melalui proses politik di parlemen. Dengan demikian, pelembagaan sistem pemilu dan pemerintahan merupakan paket tak terpisahkan dari reformasi partai politik.

4. PT. Indikator Politik Indonesia

Lembaga Survei Indikator Politik Indoesia
Lembaga Survei Indikator Politik Indoesia via indikator.co.id

INDIKATOR ini didirikan atas dasar bahwa demokrasi di Indonesia akan semakin terkonsolidasi dan berfungsi secara efektif jika proses pengambilan kebijakan publik bersifat responsif dan aspiratif terhadap kehendak dan pendapat masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya deteksi yang sungguh-sungguh terhadap kebijakan publik apa yang dimaui rakyat dan siapa (pejabat publik) yang diinginkan rakyat untuk menjalankan kebijakan itu. Aspirasi dan preferensi rakyat terhadap pejabat publik yang layak dipilih sangat menentukan arah kebijakan apa yang akan diambil.

Mekanisme yang diyakini mampu mendeteksi opini, preferensi dan aspirasi publik adalah jajak pendapat atau survei. Melalui survei, pendapat dan persepsi publik akan diracik dari sejumlah orang yang menjadi sampel untuk merepresentasikan populasi. Melalui teknik ilmiah survei yang didasarkan pada metode statistik modern ini sampel yang diambil tadi bisa mencerminkan opini seluruh masyarakat.

5. Populi Center

Populi Center
Populi Center via populicenter.org

POPULI Center adalah lembaga nirlaba untuk pengkajian opini publik dan kebijakan publik yang berkedudukan di Jakarta. Lembaga ini dimaksudkan untuk melakukan kajian-kajian empirik persepsi publik mengenai masalah sosial politik dan ekonomi khususnya yang terkait dengan kepemimpinan nasional dan local pemilihan umum dan kebijakan publik yang menjadi perhatian masyarakat luas. Melalui kajian-kajian yang obyektif dan bermutu, Populi Center ingin terlibat dalam upaya pencerdasan bangsa melalui diseminasi wacana berbasis data dan temuan penelitian kepada publik dan pemangku kepentingan yang relevan.

Dalam kajian pemilu, Populi Center telah melakukan beberapa survey nasional mengenai perilaku pemilih dan juga survey terkait kebijakan publik di Jakarta. Populi Center juga aktif memfasilitasi diskusi untuk aktivis pro-demokrasi dalam mengkaji berbagai tema menyangkut pemilu dan demokrasi. Selain itu, Populi Center sedang mengembangkan kajian tentang sistem politik dan kebijakan publik di Indonesia, di bawah kerangka program “Emerging Ideas.”

Populi Center diketuai oleh Nico Harjanto yang juga merupakan pengajar di Paramadina, Post-Graduate Program dan di beberapa universitas di Jakarta serta terlibat dalam sejumlah program penelitian dan pelatihan dengan Kemitraan maupun Yayasan lnterseksi.

6. Indo Barometer

Lembaga Survei Indo Barometer
Lembaga Survei Indo Barometer via nasional.kompas.com

Indo Barometer adalah lembaga survei dan riset independen, yang memotret perilaku sosial-politik masyarakat Indonesia secara berkala dan kerap menjadi rujukan media massa nasional, baik cetak maupun elektronik.

Dr. Muhammad Qodari, S.Psi, MA, adalah seorang pengamat dan peneliti politik nasional. Berbagai ulasan dan analisanya kerap menjadi rujukan media massa nasional, baik cetak maupun elektronik. Ia kini menjadi Direktur Eksekutif INDO BAROMETER (IB), salah satu lembaga riset independen, yang memotret perilaku sosial-politik masyarakat Indonesia secara berkala.

7. Lembaga Survei Indonesia

Lembaga Survei Indonesia
Lembaga Survei Indonesia via nasional.kompas.com

Lembaga Survei Indonesia (LSI) didirikan 17 September 2003 atas dasar pemikiran bahwa demokrasi Indonesia akan berfungsi efektif dan stabil jika responsif terhadap persepsi, harapan dan evaluasi publik. Monitoring opini publik secara berkala akan menjadi masukan bagi proses politik dan pembuatan kebijakan yang merupakan kebutuhan dasar sistem demokrasi. Survei yang dilakukan secara benar merupakan cara yang paling efisien, efektif dan akurat untuk memantau opini publik.

LSI menyediakan jasa riset bagi berbagai kalangan yang ber-kepentingan dengan opini publik, terutama yang terkait dengan kontestasi politik seperti pemilihan umum nasional maupun daerah dan pembuatan kebijakan publik yang responsif terhadap aspirasi masyarakat. Data hasil survei akan membantu mengevaluasi dan memperbaiki kinerja pejabat publik, politisi, partai politik, lembaga-lembaga pemerintah, dan lembaga-lembaga sosial-kemasyarakatan.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) didirikan oleh YAYASAN PENGEMBANGAN DEMOKRASI INDONESIA (YPDI) pada bulan Agustus 2003, bersifat independen, non-partisan dan nirlaba.

 

Comments