Musim Hujan Banjir Selalu Melanda Jakarta, Apa Faktor Penyebabnya?

, , Leave a comment

Banjir Jakarta
Jakarta Banjir via www.kompasiana.com

Banjir merupakan suatu kondisi di mana terjadi luapan air yang berlebih yang mengakibatkan terendamnya suatu wilayah. Banjir adalah air dalam volume besar yang menggenangi sebuah daerah yang tidak dapat lagi tertampung oleh sungai, laut, danau, dan saluran lainnya. Biasanya air banjir berasal dari sungai atau hujan lebat yang terus menerus. Saat bencana ini terjadi, banyak orang kehilangan harta benda mereka. Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

Sangat memilukan nasib mereka yang tinggal di jakarta saat ini, masyarakat jakarta sedang dirundung kegelisahan, kesedihan dan duka yang mendalam karena bencana yang harus mereka rasakan. masyarakat jakarta sedang dirundung kegelisahan, kesedihan dan duka yang mendalam karena bencana banjir yang harus mereka rasakan.

Siapakah yang salah? Apakah pemerintah atau masyarakat sekitar? Pertanyaan ini tidak ada jawabannya jika masing-masing saling menyalahkan. namun perlu berbenah diri, apabila terjadi bencana banjir yang sudah menjadi tamu rutinitas di jakarta, maka perlu ada renungan yang mendalam bahwa apa sebenarnya ayng menyebabkan bencana tersebut tidak mau pergi. Menurut saya, ada beberapa faktor yang menyebabkan banjir di Jakarta.

Faktor Penyebab Jakarta Banjir

1. Sampah Di Mana-Mana, Terutama Sungai

Sampah di Bantaran Sungai Jakarta
Sampah di Bantaran Sungai Jakarta via frontroll.com

Ya, kesadaran kitalah yang harus dituntut saat ini, sungai merupakan salah satu kebutuhan makhluk hidup, salah satunya adalah bahwa sungai merupakan tempat penampungan air dalam skala besar, namun apa yang terjadi jika sungai-sungai di jakarta saat ini tidak lagi diisi oleh air saja, namun sudah dipenuhi sampah-sampah.

2. Kurang Kesadaran Masyarakat

Membuang Sampah Sembarangan
Membuang Sampah Sembarangan via megapolitan.harianterbit.com

Tidak saja pemerintah yang harus mengurusi tatanan sistem di Jakarta, masyarakat di sekitar jakarta juga harus sadar bahwa kesadaran untuk saling menjaga merupakan kunci utama agar terhindar dari segala bentuk bencana terutama bencana banjir.

3. Saluran Menyempit

Ruang Drainase Menyempit di Kota Jakarta
Ruang Drainase Menyempit di Kota Jakarta via www.nawasis.com

Saat ini, Jakarta telah dipenuhi dengan tumbuhan berbatu alias bangunan-bangunan besar yang secara otomatis mempersempit tempat alur pembuangan air, perlunya kesadaran untuk membuat selokan sebagai anak sungai dan merawatnya dengan baik adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan mencegah datangnya bencana banjir.

4. Kepadatan Penduduk

Kepadatan Penduduk Kota Jakarta
Kepadatan Penduduk Kota Jakarta via www.rumahku.com

Tidak bisa dipungkiri jika Jakarta merupakan kota tujuan untuk mencari pekerjaan, hal ini disebabkan banyaknya lapangan pekerjaan. Namun apa dampak negatifnya? dampak yang ditimbulkan adalah kepadatan di berbagai daerah dijakarta, jika sudah padat, maka sampahpun pada, sehingga alokasi pembuangan sampah pun sulit saat ini, inilah yang menjadi faktor lain terjadinya bencana banjir.

5. Tatanan Kota yang Perlu Direhabilitasi

Tata Kota yang Tak Beraturan
Tata Kota yang Tak Beraturan via adnan-zaki.blogspot.co.id

Tatanan kota merupakan struktur yang perlu diperhatikan sebab dengan tatanan yang baik maka daerah seperti itu akan terstruktur dengan rapi. Sehingga saat bencana banjir datang, pemerintah beserta warga sekitar tidak sulit untuk memperbaikinya.

 

 

Comments