5 Negara Memiliki Tradisi Unik Perayaan Valentine

, , Leave a comment

Happy Valentine Day
Valentine Day via www.appsforpcplanet.com

Bulan Februari identik dengan bulan yang penuh cinta dan kasih sayang, karena di bulan ini terdapat Hari Valentine yang banyak dirayakan di berbagai belahan dunia. Jatuh pada tanggal 14 Februari, hari Valentine menampilkan berbagai macam tradisi dan keunikan di penjuru dunia. Tradisi Valentine di beberapa negara ini termasuk unik lho, seperti apa ya?

 

Tradisi Unik Perayaan Valentine

1. Afrika Selatan: Pin Nama Bongkar Identitas si Pengagum Rahasia

Pin Valentine
Pin Valentine via plus.google.com

Perayaan Valentine di Afrika Selatan dilakukan dengan meriah. Para perempuan yang mengenakan pin hati dan kemeja mereka tepat di hari kasih sayang. Dan pada saat itu pula, nama-nama pria yang mereka kagumi akan ditulis pada pin yang berbentuk hati tersebut. Karena, Valentine dijadikan pria Afrika Selatan untuk mengetahui pengagum rahasia mereka sebelum akhirnya mengungkapkan rasa kasih sayang.

2.Brasil: Di Negeri Karnaval, Valentine Penuh Musik & Kado

Karnaval Valentine di Brazil
Karnaval Valentine di Brazil via www.vemale.com

Terkenal dengan banyaknya karnal yang dirayakan di Brasil, perayaan Valentine pun juga memiliki keunikan tersendiri. Momen bertukar hadiah seperti coklat, bunga dan kartu ucapan atau festival musik hingga pertunjukkan dilakukan dalam perayaan Valentine. Tidak hanya bersama pasangan, momen ini juga digunakan sebagai hari kasih sayang terhadap teman-teman dan kerabat dekat. Selain merayakan Valentine pada 14 Februari, warga Brasil pun merayakan Lovers Day pada 12 Juni setiap tahunnya.

3. Filipina: Valentine, Saatnya Nikah Massal

Pernikahan Massal
Pernikahan Massal via m.tempo.co

Tradisi unik saat perayaan Valentine di Filipina dengan cara mereka berkumpul di sebuah tempat tepat di tanggal 14 Feruari. Seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan dan pada akhirnya tradisi inipun semakin populer di berbagai kalangan di Filipina. Selain pernikahan massal, beberapa pasangan turut mengikuti acara untuk memperbaharui sumpah pernikahan mereka.

4. Italia: Makin Pagi Bangun di Hari Valentine, Makin Enteng Jodoh

Kebun Bunga
Kebun Bunga via www.google.co.id

Walaupun berawal dirayakan sebagai Festival Musim Semi, perayaan Valentine di Italia semakin ditunggu-tunggu. Para anak muda akan berkumpul dan bermesraan di kebun-kebun yang bertaburan dengan bunga. Selain itu, mereka juga akan menikmati pembacaan puisi dan juga alunan musik dengan yang terkasih. Untuk perempuan yang belum menikah, tepat pada tanggal 14 Februari mereka akan bangun sebelum matahari terbit. Karena dipercaya jika semakin cepat bangun saat Valentine, maka semakin cepat pula menemukan calon suami dan akhirnya menikah.

5. Korea Selatan: Hari Hitam, Perayaan Valentine untuk si Jomblo

Pria Memberikan Hadiah Valentine
Pria Memberikan Hadiah Valentine via solosoloku.com

Untuk anak muda di Korea Selatan, perayaan Valentine memang sangat dinantikan. Tidak hanya satu hari, tapi perayaan kasih sayang ini berlangsung hingga tiga bulan! Pada 14 Februari , para wanita mengucapkan rasa sayang kepada pria yang disukai dengan berbagai cara. Sebulan kemudian, tepatnya 14 Maret dinamakan ‘Hari Putih’ yaitu momen dimana sang pria membalas apa yang telah diberikan wanita. Berlanjut hingga tanggal 14 April, adalah saat yang tepat bagi para jomblo untuk merayakan Valentine. Pada tanggal ini, biasa disebut dengan ‘Hari Hitam’ yaitu dimana mereka mengenakan baju serba hitam dan memakan hidangan khas yaitu mie bersaus kental hitam yang dinamakan Jajangmyeon sambil meminum kopi hitam.

 

Comments