Piala Presiden 2017 Sudah Mulai, Apa Saja Kejadian Unik Saat Pertandingan?

, , Leave a comment

Piala Presiden 2017
Piala Presiden 2017 via www.ligaolahraga.com

Piala Presiden 2017 adalah gelaran kedua dari kejuaraan sepak bola Piala Presiden yang digelar oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Turnamen ini direncanakan digelar pada 4 Februari 2017 hingga selesai pada bulan Maret 2017, jika pada Piala Presiden 2015 Mahaka Sports and Entertainment ditunjuk sebagai operator kejuaraan, kejuaraan tahun ini digelar penuh oleh kendali PSSI, kejuaraan ini menjadi ajang uji coba peraturan baru liga oleh PSSI sebelum dipakai pada Liga 1 pertengahan Maret 2017 nanti, hak siar Piala Presiden 2017 diberikan untuk dua stasiun televisi di bawah grup Elang Mahkota Teknologi, yaitu Indosiar dan SCTV.

Turnamen Piala Presiden 2017 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (4/2/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga PSS Sleman kontra Persipura Jayapura menjadi pembuka turnamen pramusim yang berlangsung hingga Maret 2017.
Beberapa momen seru terjadi sepanjang pergelaran Piala Presiden yang kini sudah berjalan hingga Grup 3. Tak hanya di pembukaan saja, namun di hari kedua dan ketiga banyak momen menarik yang terjadi. Apa saja?

1. Presiden Jokowi melakukan tendangan pertama Piala Presiden 2017

Tendangan Pertama Peresmian Piala Presiden 2017
Tendangan Pertama Peresmian Piala Presiden 2017 via www.cakranews.com

Presiden Jokowi seperti melakukan tradisi di sepak bola Indonesia, yakni tendangan pertama. Setelah membagi-bagikan bola kepada penonton yang memenuhi tribun penonton, Jokowi langsung diberi kehormatan untuk melakukan tendangan pertama tanda dimulainya pertandingan.

2. Jokowi bikin vlog di tengah-tengan pertandingan pembuka

Piala Presiden 2017
Piala Presiden 2017 via radarsukabumi.com

Selain melakukan tendangan pembukan, Jokowi juga melakukan selfie sebelum kick-off pertandingan PSS Sleman melawan Persipura Jayapura. Tak hanya itu, Jokowi juga membuat vlog (video blog) di tengah-tengah pertandingan, dan diposting di akun Facebook miliknya.

3.Koreografi 3D Suporter PSS Sleman

Supporter PSS Sleman Stadion Maguwoharjo
Supporter PSS Sleman Stadion Maguwoharjo via superball.tribunnews.com

Suporter PSS Sleman yang tergabung dalam Brigada Curva Sud (BCS) selalu menampilkan atraksi yang menarik. Dalam pembukaan Piala Presiden, kelompok suporter yang menempati tribun selatan Maguwoharjo itu menampilkan koreografi yang unik, yakni koreografi 3D Elang Jawa. Simbol tersebut memang menjadi julukan PSS Sleman. Koregrafi tersebut sukses membuat publik sepak bola Indonesia, termasuk juga Presiden Joko Widodo, terpukau.

4. Gol dramatis Rudi Widodo di laga Persija-PS TNI

Persija Jakarta
Persija Jakarta via superball.tribunnews.com

Persija dan PS TNI tampil cukup menghibur. Keduanya memperagakan pertahanan yang ketat, sehingga barisan penyerang sulit menembus ketatnya benteng terakhir. Namun, pada menit ke-92, sebuah tendangan keras Rudi Widodo berhasil merobek gawang PS TNI. Tak pelak gol di detik-detik laga akan berakhir itu disambut suka cita oleh Jakmania, pendukung Persija Jakarta, yang memadati stadion Kanjuruhan.

5. Penalti Pertama Di Piala Presiden

Persiba vs Persela Piala Presiden 2017
Persiba vs Persela Piala Presiden 2017 via www.zonbol.com

Penalti pertama di Piala Presiden terjadi pada pertandingan Persiba Balikpapan melawan Persela Lamongan. Menit ke-68, Zainul Haq menjatuhkan Marlon da Silva di dalam kotak 12 pas. Tak pelak wasit menunjuk titik putih. Penalti pertama di Piala Presiden itu pun sukses dijalankan dengan baik oleh Marlon da Silva, sekaligus menjadi gol kemenangan Beruang Madur atas Laskar Joko Samudro.

Comments