8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Salah Kaprah, Tapi Sering Kamu Lakukan

, , Leave a comment

Inspiretalk
Pola Hidup via www.brilio.net

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat diperhatikan oleh generasi sekarang ini. Lewat berbagai penelitian, berbagai hal yang sudah menjadi tradisi dan biasa dilakukan sehari-hari bisa saja menjadi sesuatu yang salah atau tidak tepat dilakukan lagi.

Terasa aneh sih pasti, tapi seorang peneliti selalu punya alasan yang sudah dibuktikan secara ilmiah. Nah, kebiasaan-kebiasaan sehari-hari ini juga sepertinya sering kamu lakukan, tapi ternyata salah kaprah. Apa saja itu?

Kebiasaan Buruk

1. Pakai sabun terlalu banyak di shower

Pakai sabun terlalu banyak di shower
Pakai sabun terlalu banyak di shower via vistazo.com

Kulit kita akan semakin kering sesuai dengan bertambahnya usia. Penggunaan sabun setiap hari akan membuat kulit semakin kering.

Jadi gunakan seminimal mungkin dan di daerah-daerah lipatan. Air bersabun yang mengalir melewati tubuhmu lebih dari cukup untuk membuatmu bersih.

2. Kerja tanpa bikin jadwal istirahat

Kerja tanpa bikin jadwal istirahat
Kerja tanpa bikin jadwal istirahat via www.slate.com

Kamu pasti punya jam-jam paling produktif saat bekerja. Di waktu-waktu itu, berkonsentrasi dan menggali ide kreatif sangat mudah dilakukan. Kamu harus cari tahu waktunya dan jadwalkan waktu istirahatmu jangan sampai membunuh waktu produktivitasmu.

3. Menjawab pesan WhatsApp bosmu

Menjawab pesan WhatsApp bosmu
Menjawab pesan WhatsApp bosmu via www.brilio.net

Kamu harus bisa memisahkan waktu kerja dengan waktu pribadimu. Saat ada pesan WhatsApp atau apapun dari bosmu di luar jam kerja, cobalah untuk mengabaikannya.

4. Menambahkan minyak ke air pasta

Menambahkan minyak ke air pasta
Menambahkan minyak ke air pasta via www.brilio.net

Menambahkan minyak ke air rebusan pasta akan menghalangi saus melekat pada pasta. Untuk memasak pasta yang sempurna dan mencegah pasta lengket satu sama lain, tambahkan air secukupnya.

5. Mengeringkan tangan pakai tisu toilet

Mengeringkan tangan pakai tisu toilet
Mengeringkan tangan pakai tisu toilet via www.taringa.net

Pernahkan kamu bayangkan berapa banyak tisu toilet yang kita butuhkan untuk mengeringkan tangan kita? Banyak lho kalau dijumlahkan.

Padahal, kamu cukup mengibaskan tanganmu dahulu sebelum dilap pakai tisu toilet. Lumayan untuk mengurangi penggunaan yang terlalu banyak.

6. Bernapas dengan dada

Bernapas dengan dada
Bernapas dengan dada via www.fatosdesconhecidos.com.br

Fokuslah untuk bernapas dengan diafragmamu, bukan dengan perut. Oksigenasi yang benar punya efek positif pada sistem pengendali gugup, mengurangi tekanan darah, mengurangi inflamasi dan rasa sakit, menambah kesehatan fisik secara umum dan mengusir stres.

7. Menyikat gigi dengan arah gerakan ke atas dan bawah

Cara menyikat gigi
Sikat gigi

Seringkali kita menyikat gigi hanya dengan gerakan sikat ke arah atas dan bawah. Padahal, gerakan tersebut salah kaprah lho.

Menyikat gigi yang benar adalah tidak melupakan gerakan vertikal hingga ke ujung dan sela-sela gigi. Durasi yang dianjurkan untuk menyikat gigi adalah selama 2 sampai 3 menit.

8. Memulai latihan olahraga tanpa pemanasan

Memulai latihan olahraga tanpa pemanasan
Memulai latihan olahraga tanpa pemanasan via www.bezzia.com

Ingat, olahraga terlalu berat dan melewatkan pemanasan dan jeda pendek bisa jadi malah bikin sakit tubuhmu. Penting untuk melakukan pemanasan dan latihan yang fleksibel. Jangan lupa untuk menghindari cedera, lakukan stretching atau peregangan di akhir latihan.

 

Comments