Gunanya Mandi Air Hangat Setelah Kehujanan

, , Leave a comment

Mandi air hangat
Mandi Air Hangat via health.liputan6.com

Manfaat Mandi Air Hangat

Apa yang Anda lakukan setibanya di rumah usai kehujanan? Adakalanya setelah terkena air hujan dan berjuang tiba di rumah, Anda mungkin dilanda kelelahan dan hanya berganti pakaian kering. Namun, cara tersebut tidaklah tepat. Hal ini disebabkan karena bakteri dan kuman dari air hujan yang tercampur polusi lingkungan masih menempel pada tubuh dan berisiko Anda didera sakit. Anda sebaiknya mandi air hangat, air hujan yang dingin membuat suhu tubuh tidak stabil.

Kandungan air hujan yang membawa partikel asam yang memberi dampak negatif bagi tubuh kita apalagi ketika hujan pertama ketika berakhirnya musim kemarau. Sebenarnya selain itu adanya perbedaan suhu pada tubuh kita yang paling mempengaruhi. Kalau kita kehujanan (yang kena hujan kepala) maka bagian kepala akan lebih dingin dibandingkan bagian tubuh yang lain. Untuk itu, mandi air hangat merupakan cara terbaik untuk menyingkirkan semua kuman dan infeksi yang mungkin Anda dapatkan setelah kehujanan.

Namun kalau seluruh tubuh kita kehujanan, sebetulnya kita tidak akan sakit. Karena seluruh tubuh kita mempunyai suhu yang sama. Apalagi kalau kita bermain, tubuh kita akan mengeluarkan enegi yang akan diubah menjadi panas. Dengan begitu suhu badan kita yang panas bisa menangkal suhu dingin yang disebabkan guyuran air hujan.

Air hangat akan menstabilkan suhu tubuh. Ketika membasuh tubuh saat mandi, gunakan sabun antiseptik untuk membunuh infeksi yang kemungkinan berkembang di tubuh setelah Anda dilanda kehujanan. Jika Anda belum mood untuk mandi, rendamlah kaki dalam air hangat untuk menghilangkan kuman dan kotoran. Perlahan-lahan suhu tubuh Anda kembali normal.

Mandi air hangat tidak hanya mengembalikan suhu tubuh saja, melainkan  menghindari diri dari sakit, terutama sakit kepala. Dari situs pribadi Dr Avinash Padhke SRL Diagnostics, setelah Anda kehujanan, pastikan mandi dan berganti pakaian dengan kering segera. Keringkan kepala Anda secara menyeluruh, kepala yang basah akan membuat Anda terkena flu. Tekanan udara rendah saat hujan dan kelembaban tinggi memicu sakit kepala, khususnya pada anak-anak.

 

Comments