Fakta Unik Tentang Bersin

, , Leave a comment

Sering Bersin itu Gejala Alergi Hidung
Sering Bersin itu Gejala Alergi Hidung via www.merdeka.com

Pernahkah kita berpikir sejenak mengapa kita bersin?

Kita semua pasti pernah mengalami, baik ketika alergi atau flu menyerang, maupun ketika kita mencium bau pedas.

Bersin pada dasarnya adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan materi atau partikel asing dan berbahaya dari dalam hidung. Tujuannya adalah untuk mencegah pertikel tersebut masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Ketika hidung kita tergelitik, otak menerima pesan di bagian yang disebut pusat bersin. Karena pesan itu tubuh diperintah untuk menghilangkan si pengganggu sehingga kita menarik napas dalam-dalam dan menahannya di paru-paru. Akibatnya otot-otot di dada tegang dan tekanan pun timbul. Lidah menekan langit-langit mulut mendesak napas keluar dari hidung dengan cepat.

Bersin biasa juga disebabkan oleh allergen (zat penyebab alergi) yang masuk melalui saluran pernafasan, atau terjadi bersamaan dengan suatu kondisi medis dan penyakit infeksi di saluran pernafasan. Bersin merupakan suatu kejadian yang tidak disadari dan tidak bisa dikontrol atau kendalikan. Walau pun terkadang mengganggu, namun biasanya bukan suatu kondisi medis yang serius.

Mekanisme Terjadinya Bersin

Mekanisme Terjadinya Bersin
Mekanisme via www.indramuhtadi.com
  1. Pertama ada rangsangan di saluran pernafasan, baik yang normal mau pun reaksi alergi.
  2. Setelah itu ada sinyal syaraf memberi tahu otak bahwa ada yang harus dikeluarkan dari saluran pernafasan.
  3. Sinyal saraf kemudian secara terus menerus secara sangat cepat dikirimkan untuk menutup kerongkongan dan mata, melemaskan tenggorokan, dan membuat otot pada dada dan diafragma berkontraksi.
  4. Sebagai hasilnya; udara, ludah, dan lendir dipaksa keluar dari mulut dan hidung dan terjadilah bersin.

Bila bersin memang sudah menjadi kebiasaan dan merupakan suatu kejadian hipersentivitias atau kejadian alergi, maka untuk mencegahnya adalah dengan menghindari segala sesuatu yang menjadi penyebab alergi tersebut.  Tapi sesungguhnya bersin sebenarnya tidak usah dicegah, karena merupakan usaha positif tubuh dalam menjaga keseimbangannya. Justru harus bersyukur masih bisa bersin, karena tubuh masih bisa diandalkan untuk membuang benda patogen dan berbahaya dari saluran pernafasan.

Comments