Kamu Suka Ngopi, 12 Kopi Terbaik Indonesia Hingga Mancanegara

, , Leave a comment

Inspirasi Secangkir Kopi di Pagi Hari
Inspirasi Secangkir Kopi via majalah.ottencoffee.co.id

Bicara tentang kopi, minuman ini selalu bisa menghadirkan melankoli tersendiri bagi siapa saja, terutama bagi para pecinta puisi dan diksi. Minuman ini seolah memiliki sihir tersendiri untuk memunculkan berbagai ide kreatif dan inspirasi. Itulah mengapa nggak heran jika kini banyak orang menjadi pecandu kopi.

Selain kaya akan rempah-rempah, Indonesia juga kaya akan beragam kopi nikmat yang mendunia lho, Sobat Brilio. Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, serta punya prestasi sebagai negara dengan urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi untuk dunia. Jadi kenikmatannya juga diakui nggak cuman di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Menikmati kopi sambil istirahat atau sekadar kumpul bersama teman pastinya akan menambah kenikmatan, berikut adalah kopi terbaik yang bisa kamu coba.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo Khas Aceh
Kopi Gayo Khas Aceh via www.chanelmuslim.com

Produksi kopi di Aceh memang sudah sangat terkenal, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Konon katanya, daerah tersebut memiliki lahan produksi terbesar se-Asia.

Total luas lahannya lebih dari 95 ribu hektar dengan produksi rata-rata kopi per-tahun mencapai 750 kg. Wah, banyak sekali ya. Pantas saja kopi arabika gayo ini tersohor hingga Eropa dan Amerika.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia. Meski terjadi krisis di Eropa, tak mengurangi permintaan kopi asal dataran tinggi Tanah Gayo di pasar dunia. Kopi dari daerah gayo juga merupakan salah satu kopi mahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.

2. Kopi Luwak

"<yoastmark

Kopi luwak memang salah satu kopi yang cukup fenomenal di Indonesia karena menjadi kopi termahal di dunia. Namun harga mahal yang ditawarkan akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembut. Hal yang mempengaruhi harga kopi luwak adalah proses fermentasi yang unik yang langsung dilakukan dalam tubuh luwak.

Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram.

3. Kopi Java

Kopi Hitam Jawa
Kopi Hitam Jawa via coffeebeta.wordpress.com

Java Coffee atau Kopi Jawa ini juga merupakan kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Bahkan perlu Sobat Brilio ketahui nih, kata “Java” sekarang menjadi sebuah kata slang dalam Bahasa Inggris untuk kopi. Dimulai dengan produksinya oleh pemerintah kolonial Belanda pada abad ke-17, Jawa sampai saat ini masih menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia.

Kopi ini juga memiliki perpaduan rasa pedas, tetapi saat ditelan dia akan meninggalkan rasa manis yang lembut, banyak sekali pencinta kopi dari seluruh dunia datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kelezatan Java Arabica ini.

4. Kopi Toraja

Kopi Hitam Khas Tanah Toraja, Sulawesi Selatan
Kopi Hitam Khas Tanah Toraja, Sulawesi Selatan via fjgaleri.blogspot.co.id

Kopi Indonesia lainnya yang juga telah mendunia adalah kopi Toraja. Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Banyak yang mengatakan bahwa jika kamu telah menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang. Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat.

Kopi Toraja memiliki tekstur yang kental. Saat diseduh bubuk kopi ini akan langsung mengendap dibawah cangkir. Kopi ini memiliki keseimbangan antara rasa coklat hitam dan buah. Kopi ini akan terasa lebih nikmat jika meminumnya tanpa tambahan gula, karena kamu akan merasakan sensasi gurih dan segar ketika meminumnya.

5. Kopi Sindikalang

Kopi Hitam Sindikalang Khas Medan, Sumatera Utara
Kopi Hitam Sindikalang Khas Medan, Sumatera Utara via pesonanusantara.co.id

Salah satu kopi Arabika Indonesia yang sudah mendunia lainnya adalah Kopi Sidikalang. Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil.

Kopi Sindikalang ini menjadi salah satu kopi yang memiliki kualitas tinggi, karena kopi ini ditanam di sebuah daerah pegunungan yang memiliki banyak mineral. Bagi anda pencinta kopi kalian wajib mencicipi kopi yang menjadi ikon kopi di Sumatera Utara ini.

6. Kopi Wamena

Kopi Hitam Khas Wamena Papua
Kopi Hitam Khas Wamena Papua via forum.arenabetting.com

Kopi ini bersumber dari pegunungan Kabupaten Wamena Propinsi Papua. Kopi ini memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaannya secara organik. Kopi wamena juga termasuk kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dari beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia. Jenis ini tidak terlalu banyak mengandung ampas dan pilihan yang tepat untuk menemani kamu menikmati me time.

Bagi kamu yang pernah mencicipi kopi Wamena pasti tahu aroma kopinya yang harum, tekstur halus serta after taste yang cukup manis, berbeda dengan kebanyakan kopi biasanya. Bahkan beberapa pecinta kopi menyandangkan kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi Arabika premium asal Jamaica. Sejak tahun 2000, produksi kopi Wamena ini diekspor ke dataran Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.

7. Kopi Kintamani

"<yoastmark

Kopi bali kintamani dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam didataran tinggi kintamani dengan ketinggian diatas 900 mdpl. Kawasan kintamani berada dilereng gunung berapi batur. Dengan jenis tanah Entisel dan Inceptisol (Regusol). Kawasan ini memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang banyak selama 6-7 bulan musim hujan. Tanaman-tanaman kopi arabika terbentuk dari varietas-varietas terseleksi. pohon kopi ditanam dibawah pohon penaung dan dikombinasikan dengan tanaman lain dan dikelola serta dibeeri pupuk organic. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yakni aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga banyak diminati oleh konsumen Internasional.

Kopi yang berasal dari Kintamani, Bali juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi ini memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah. Penggemar kopi asal Bali sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang.

8. Kopi Mandaling

"<yoastmark

Kopi dari Sumatera memiliki sangat banyak jenis kopi dengan kualitas terbaik yang sebagian besar berasal dari daerah Mandaling dan juga Gayo (Kopi Gayo). Kopi ini biasanya memiliki tekstur yang halus, terasa sedikit asam dan memiliki aroma tembakau dan tanah.

Kalau bicara soal sejarahnya, Kopi Sumatera yang berasal dari daerah Mandaling ini dikatakan berawal mula dari biji kopi yang dibawa pulang dari Mekkah yang selanjutnya ditanam di Minangkabau pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

9. Kopi Lanang

"<yoastmark

Kopi Lanang yang namanya diambil dari bahasa Jawa yang berarti laki-laki. Dinamakan seperti itu dikarenakan bahwa kopi ini dikenal bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini memiliki kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini dikenal hingga daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi tersebut.

10. Kopi Preanger

Kopi Java Preanger
Kopi Java Preanger via padapede.com

Salah satu minuman kopi ini merupakan salah satu jenis Kopi Jawa yang sangat terkenal di dunia. Eksistensi kopi Preanger ini sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasanya yang sangat khas dan nikmat, membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan bahkan mereka menyebutnya secangkir Jawa (a cup of Java) untuk mengartikan secangkir kopi (a cup of Coffee).

Pada tahun 1711, ekspor pertama kali dikirimkan dari Pulau Jawa ke benua Eropa oleh perusahaan dagang milik Belanda, yang mana dikenal sebagai VOC yang sudah didirikan sejak tahun 1602. VOC sendiri menggunakan cara monopoli perdagangan di dalam perdagangan kopi itu sendiri, mulai dari tahun 1725 sampai dengan 1780. Dan Pulau Jawa sendiri menjadi tempat di mana pertama kali kopi dibudidayakan secara luas selain di Arab dan juga Ethiopia. Sudah tercatat di tahun 1725 bahwa Indonesia menjadi kawasan pengekspor kopi yang terbesar di dunia dan sebagian besar produksinya berasal dari Pulau Jawa.

11. Kopi Temanggung

"<yoastmark

Kopi Temanggung sudah terkenal sebagai kopi dengan karakter khas, terutama untuk arabika yang punya karakter unik aroma tembakau karena tanaman kopi berdampingan dengan tanaman tembakau. Robusta sebagai mayoritas varietas kopi di Temanggung pun memiliki keunggulan tersendiri, hal ini terlihat dari seringnya Kopi Robusta Temanggung menjuarai aneka kontes kopi skala Nasional. Rumah Kopi Temanggung tidak hanya mengkhususkan diri menyediakan kopi Temanggung, tapi juga kopi-kopi lain dari berbagai wilayah Nusantara, karena Indonesia dari ujung Barat hingga ujung Timur kaya akan berbagai jenis varietas kopi.

Kabar menggembirakan datang dari helatan SCAA (Speciality Coffee Association of America) Expo di Atlanta Amerika Serikat pada tanggal, 14 – 17 April 2016. Kopi Temanggung ikut serta memeriahkan event tahunan ini dengan mengirimkan Kopi Arabica Wonotirto untuk diikutkan dalam Kopi pada event tersebut, dan keikutsertaan dalam kontes tersebut tidak disia-siakan karena Kopi Arabica Wonotirto menyabet Juara II dalam Kontes tersebut.

12. Kopi Bajawa

"<yoastmark

Kopi yang satu ini, namanya sudah terkenal di luar negeri. AFB (Arabica From Bajawa) berasal dari wilayah dataran tinggi Ngada di Pulau Flores.

Masyarakat Ngada sering disebut sebagai orang Bajawa. Mereka sudah membudidayakan kopi secara turun-temurun. Orang-orang Bajawa menanam kopi Arabika di bawah pohon penaung

Pohon tersebut juga berfungsi sebagai sumber pupuk organik. Selama penanaman kopi bajawa, para petaninya tidak menggunakan pestisida sama sekali. Pantas saja rasanya enak sekali ya

Kopi sendiri tentunya jadi khazanah kekayaan Indonesia di bidang kuliner dan juga kita dapat memetik ilmu yang dituangkan. Seperti filosofi kopi, kehidupan seperti kopi akan terasa pahit jika kita tidak tahu cara menikmatimya.

 

Comments