10 Pemain Indonesia Yang Sukses Merumput di Luar Negeri

, , Leave a comment

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Indonesia yang Merumput di Luar Negeri via www.fourfourtwo.com

Seiring lumpuhnya kompetisi dalam negeri akibat dibekukannya PSSI oleh Menpora, berimbas pada para pemain, pelatih dan pelaku sepakbola lainnya yang terancam kehilangan pekerjaanya selaku pesepakbola profesional. Dengan keadaan itu, tidak sedikit pemain sepakbola Indonesia kehilangan pekerjaannya bahkan alih profesi.

Semakin banyak pemain sepakbola Indonesia yang berkarier di luar negeri. Kompetisi dalam negeri yang belum jelas kapan akan bergulir jadi alasan beberapa pemain. Sementara sebagian lainnya memang mengejar karier di kompetisi yang lebih bagus, di level yang lebih tinggi. Sebagian dari mereka akhirnya mendapatkan kesuksesan, tetapi sebagian lagi tidak. Ada yang sudah menjadi andalan utama timnya, berikut pemain pemain sepakbola Indonesia yang sukses merumput di luar negeri.

Pemain Sepakbola Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

1. Andik Vermansyah

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via www.sepakbola.com

Andik bisa dikatakan sebagai pemain sepakbola Indonesia yang berkarier di luar negeri yang paling berprestasi tahun 2015 lalu. Andik berhasil mengantarkan Selangor FC menjadi juara Malaysia Cup yang merupakan gelar pertama Selangor dalam lima tahun terakhir. Selangor juga mengakhiri musim Malaysia Super League di posisi ketiga (sebelum naik ke posisi kedua karena Pahang FA mendapatkan pengurangan poin), di mana Andik ikut menyumbang 6 gol di sepanjang musim.

Pada November tahun lalu, Andik telah memperpanjang kontraknya bersama Selangor selama dua tahun. Andik pun akan menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tampil di kompetisi antar klub Asia dengan Selangor lolos ke AFC Cup 2016.

2. Evan Dimas

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via bola.kompas.com

Evan Dimas akhirnya kembali ke Spanyol setelah gagal dalam trialnya di UE Llagostera pada Agustus 2015 lalu. Pemain sepakbola Indonesia ini diundang untuk berlatih selama empat bulan di Espanyol B, sebagai bagian dari program khusus yang digarap oleh La Liga untuk mengundang pemain-pemain muda potensial dari negara-negara lain untuk mencicipi sepakbola Spanyol.

Peluang ia dikontrak secara resmi oleh klub dari kota Barcelona tersebut jelas terbuka jika Evan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya selama melakukan latihan di sana. Sejauh ini, Evan baru mulai melakukan latihan individu di gym dan bersama tim barunya di lapangan.

3. Dedi Gusmawan

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via sidomi.com

Setelah menjalani setengah musim yang sukses di Myanmar pada tahun 2015 lalu, Dedi Gusmawan mendapatkan perpanjangan kontrak selama satu musim pada 16 Desember 2016 lalu.

Dedi memang langsung menjadi pilar utama Zeyar sejak bergabung pada pertengahan tahun lalu. Eks pemain PSPS dan Mitra Kukar ini pun melanjutkan permainan solidnya di musim yang baru ini, dan timnya kini berada di posisi keempat klasemen sementara. Dari 5 pertandingan yang sudah dilakoni sejauh ini, Zeyar belum mengalami kekalahan sama sekali, dengan dua kemenangan dan tiga kali imbang.

4. Greg Nwokolo

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via bola.liputan6.com

Greg sebetulnya tampil bagus di Thai Premier League musim 2015 lalu. Ia mencetak 5 gol dalam 16 pertandingan, dan jadi pemain paling menonjol di timnya, BEC Tero Sasana. Sayang gol-golnya tersebut tak mampu mengangkat posisi BEC di klasemen dan membuat mereka terdegradasi. Menariknya, keputusan Saraburi untuk mundur dari TPL karena masalah finansial menyelamatkan BEC dari degradasi. Mereka pun dipastikan akan kembali tampil di TPL.

5. Irfan Bachdim

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via www.bola.com

Irfan Bachdim dipastikan akan menjalani musim keduanya bersama Consadole Sapporo di J-League 2, divisi dua sepakbola Jepang. Ia hanya tampil 6 kali di sepanjang musim 2015 lalu, dengan total menit bermain hanya 95 menit.
Tentu Irfan akan berharap bisa menambah menit bermainnya di musim 2016 nant. Consadole akan memulai musim 2016 ini dengan menghadapi Tokyo Verdy pada 28 Februari mendatang.

6. Kurnia Meiga

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via bola.liputan6.com

Kurnia Meiga memang belum dikontrak secara resmi oleh Gamba Osaka. Januari lalu, ia dipastikan akan terbang ke Jepang untuk menjalani trial atau uji coba selama tiga minggu di Jepang. Seandainya pihak Gamba puas, besar kemungkinan Meiga akan melanjutkan kariernya di Jepang, sementara kalau gagal, ia mungkin akan pulang kembali ke Arema.

Gamba Osaka akan memulai musim mereka lebih awal pada 20 Februari nanti dengan menghadapi Sanfrecce Hiroshima di Piala Super Jepang, sebelum memulai perjalanan mereka di Liga Champions Asia empat hari kemudian.

7. Farri Agri (Al Ahli Doha)

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via alchetron.com

Al Ahli sudah menjalani 17 pertandingan di Qatar Stars League 2015/16, namun baru sekali pemain bernama lengkap Syafarizal Mursalin Agri ini dimainkan musim ini, itu pun sebagai pengganti. Penampilan tunggalnya tersebut terjadi saat Al Ahli kalah 2-0 dari Al Gharafa pada September lalu.

Al Ahli sendiri kini berada di peringkat ke-11 dari 14 tim. Mengingat usianya masih 23 tahun, masih ada peluang bagi Farri untuk mengembangkan kariernya di Qatar.

8. Stefano Lilipaly

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via superball.tribunnews.com

Lilipaly baru bergabung dengan Telstar di divisi dua Belanda pada musim panas lalu setelah sebelumnya membela Consadole Sapporo pada tahun 2014, dan langsung menjadi andalan di timnya. Ia sejauh ini telah mencetak dua gol dari 17 penampilan sebagai starter. Ia adalah salah satu andalan utama di lini tengah Telstar.

9. Arthur Irawan

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via www.goal.com

Hingga saat ini, Arthur Irawan masih tercatat sebagai pemain Waasland-Beveren, klub Belgia yang bermain di divisi tertinggi di sana, Pro League. Sudah 25 laga berlangsung di musim 2015/16 ini, namun belum sekalipun Arthur tampil, baik sebagai starter maupun pengganti.

10. Patrich Wanggai

Pemain Sepakbola Indonesia
Pemain Sepakbola Indonesia via www.fourfourtwo.com

Karketu Dili FC secara bersamaan memboyong tiga pemain Indonesia sekaligus untuk menyambut Liga Amadora yang merupakan liga profesional Timor Leste yang baru saja dibentuk. Ketiga pemain tersebut adalah Patrich Wanggai, Abdul Rahman dan Titus Bonai. Ketiga pemain tersebut pun turut berkontribusi besar bagi Karketu yang berhasil lolos ke liga profesional pertama di Timor Leste.

 

 

 

 

Comments