Benarkah Kim Jong Nam dibunuh, 9 Kasus Pembunuhan Paling Misterius di Dunia

, , Leave a comment

Misteri Pembunuhan Kim Jong Nam
Misteri Pembunuhan King Jong Nam via jatim.tribunnews.com

Pembunuhan adalah kejahatan pertama yang dilakukan umat manusia di muka bumi ini menurut beberapa agama. Dan kejahatan ini pun menjadi kejahatan yang paling berat hukumannya. Karena beratnya hukuman tersebut, maka banyak pelaku pembunuhan yang menyembunyikan perbuatannya.

Saudara tiri Kim Jong-Un yang bernama Kim Jong Nam dibunuh secara misterius di Bandara Internasional Kuala Lumpur, dilansir dari detik.com, Laporan awal tentang pembunuhan Kim Jong-Nam di Kuala Lumpur, Malaysia, menyebutkan pelaku adalah agen mata-mata Korea Utara. Kim Jong-Nam merupakan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Setelah itu, kepolisian Malaysia menangkap dua wanita yang diduga menyergap Jong-nam dari belakang dan meracuninya. Satu wanita memegang paspor Vietnam, seorang lainnya berpaspor Indonesia dengan nama Siti Aisyah, inamun sampai sekarang masih menjadi tentang kasus pembunuhan tersebut.

Kasus Pembunuhan Misterius

1. Jack the Ripper

Misteri Pembunuhan Jack the Ripper
Kasus Pembunuhan Jack the Ripper via www.boombastis.com

Kisah Jack the Ripper begitu terkenal karena kasusnya tak terungkap selama berabad-abad, hingga dibuat novel dan film tentangnya. Kasusnya terjadi tahun 1868 hingga 1898, saat itu terjadi pembunuhan sejumlah pelacur di London. Cara membunuhnya sangat sadis, dengan mencekik dan memotong arteri korban. Beberapa bagian tubuh korban juga diambil sehingga membuat polisi Scotland Yard kebingungan mencari petunjuk.

2. Olof Palme

Misteri Pembunuhan Olof Palme
Misteri Pembunuhan Olof Palme via archive.dhakatribune.com

Olof Palme, Perdana Menteri Swedia tewas ditembak pada 28 February 1986 saat pulang dari bioskop. Kuat dugaan ia dibunuh karena kebijakan terkait masalah nuklir. Olof berencana menghapus semua perangkat nuklir di Swedia. Sampai kini belum terungkap siapa dalang dibalik pembunuh Olof. Lawan politiknyakah atau Dinas Intelejen?

3. New Orleans ‘Axeman

Misteri Pembunuhan New Orleans 'Axeman
Misteri Pembunuhan New Orleans ‘Axeman via www.yar.org

Kejadiannya berawal ketika ditemukan mayat termutilasi di New Orleans. Korbannya seorang tukang daging dan istrinya yang tinggal di atas toko kelontong Maggio.  Senjata yang dipakai pembunuh, sebilah kapak berlumur darah ditemukan di salah satu sudut rumah. Beberapa bulan kemudian, seorang pria ditemukan tewas di kolam renang dengan kondisi yang sama. Anehnya, polisi tak juga bisa mengungkap identitas sang pembunuh walah telah menghabisi total 8 nyawa.

4. Oscar Romero

Misteri Pembunuhan Oscar Romero
Misteri Pembunuhan Oscar Romero via blog.acton.org

Oscar Romero adalah seorang imam Katolik di El Salvador. Selama pengabdiannya, ia berjuang membela hak asasi manusia saat perang sipil terjadi di negeri tersebut. Bahkan dengan berani mengkritik pemerintah AS yang tak kunjung membantu rakyat El Salvador. Akibatnya, Bapa Romero ini dibunuh dengan pistol dari jarak dekat. Tak ada yang bisa memastikan siapa pembunuhnya, namun kabar yang berkembang ia dihabisi pasukan “Dead Squad” El Salvador.

5. Black Dahlia

Misteri Pembunuhan Black Dahlia
Misteri Pembunuhan Black Dahlia via atomicredhead.com

Cerita mayat dimutilasi paling terkenal di negara barat adalah kasus “Black Dahlia”. Korbannya diidentifikasi bernama Elizabeth Short, usia 22 tahun. Ditemukan tanggal 15 Januari 1947, dan kasusnya masih terbuka sampai sekarang.

6. Marsinah

Misteri Pembunuhan Marsinah Pejuang dan Pahlawan Rakyat
Misteri Pembunuhan Marsinah Pejuang dan Pahlawan Rakyat via www.arahjuang.com

Peristiwanya terjadi pada 9 Mei 1993, ketika jasad Marsinah yang  sebelumnya sempat protes ke Kodim Sidoarjo atas penangkapan rekan-rekannya, ditemukan tergeletak di sebuah gubuk pinggir sawah dekat hutan jati, Dusun Jegong, Desa Wilangan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Baca (8 Kasus Besar Yang Tetap Menjadi Misteri di Indonesia)

Diketahui sebelumnya, Marsinah terlibat aktif dalam pemogokan buruh PT Catur Putra Surya, sebuah perusahaan arloji. Penangkapan terhadap sejumlah staff perusahaan tersebut yang diduga sebagai pembunuh menjadi mentah kembali setelah berkembang kesaksian baru, bahwa ada keterlibatan pihak militer.

7. Munir

Misteri Pembunuhan Aktivis HAM Munir
Misteri Pembunuhan Aktivis HAM Munir via www.newsth.com

Munir Said Thalib (lahir di Malang, Jawa Timur, 8 Desember 1965 – meninggal di Jakarta di dalam pesawat jurusan ke Amsterdam, 7 September 2004 pada umur 38 tahun) adalah seorang aktivis HAM Indonesia keturunan Arab-Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial. Saat menjabat Dewan Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus. Setelah Soeharto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota tim Mawar.

Tiga jam setelah pesawat GA-974 take off dari Singapura, awak kabin melaporkan kepada pilot Pantun Matondang bahwa seorang penumpang bernama Munir yang duduk di kursi nomor 40 G menderita sakit. Munir bolak balik ke toilet. Pilot meminta awak kabin untuk terus memonitor kondisi Munir. Munir pun dipindahkan duduk di sebelah seorang penumpang yang kebetulan berprofesi dokter yang juga berusaha menolongnya pada saat itu. Penerbangan menuju Amsterdam menempuh waktu 12 jam. Namun dua jam sebelum mendarat 7 September 2004, pukul 08.10 waktu Amsterdam di bandara Schipol Amsterdam, saat diperiksa, Munir telah meninggal dunia.

Pada tanggal 12 November 2004 dikeluarkan kabar bahwa polisi Belanda (Institut Forensik Belanda) menemukan jejak-jejak senyawa arsenikum setelah otopsi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh polisi Indonesia. Belum diketahui siapa yang telah meracuni Munir, meskipun ada yang menduga bahwa oknum-oknum tertentu memang ingin menyingkirkannya.

8. Charlie Chop-Off

Misteri Pembunuhan Charlie Chop-Off
Misteri Pembunuhan Charlie Chop-Off via www.allday.com

Seorang pembunuh berantai mendapat julukan Charlie Chop-Off karena caranya yang teramat brutal dalam menghabisi korbannya. Pembunuh tersebut memiliki kebiasaan untuk menusuk anak laki-laki Afrika-Amerika secara berulang-ulang dan kemudian berujung pada mutilasi genital.

Korbannya adalah seorang anak laki-laki berusia delapan tahun bernama Douglas Owen. Owen ditemukan pada tanggal 9 Maret 1979 di sebuah atap gedung di Manhattan. Owen ditusuk sebanyak 38 kali dan alat kelaminnya dimutilasi.

Lebih dari dua anak laki-laki dibunuh dengan cara yang sama. Beberapa tersangka telah ditangkap, namun kemudian dilepaskan karena tak ada bukti yang kuat. Hingga kini tak ada yang tahu siapa yang tega membunuh seseorang dengan cara yang kejam seperti itu.

9. Stoneman

Misteri Pembunuhan Stoneman
Misteri Pembunuhan Stoneman via hype.idntimes.com

Stoneman adalah pembunuh berantai paling terkenal di India. Ia diduga telah membunuh lebih dari 13 orang di Kolkata dan 12 orang di Bombay. Korban pertama Stoneman ditemukan di bulan Juni 1989 yang merupakan seorang gelandangan. Gelandangan tersebut dibunuh dengan pukulan di kepala menggunakan batu.

Sama seperti kasus pembunuhan tak terungkap lainnya, kasus ini menemui jalan buntu karena minimnya keterangan dan motif pembunuh belum jelas hingga kini.

Comments