Hobi Naik Gunung, 11 Sunrise Terindah Di Indonesia Yang Bisa Kamu Kunjungi

, , Leave a comment

Pemburu Sunrise
Pemburu Sunrise via bugatan.com

Salah satu hal paling menyenangkan dari mendaki gunung adalah melihat pemandangan yang indah. Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau juga dianugrahi oleh gunung-gunung yang indah. Ada ratusan gunung yang tersebar di wilayah Indonesia.

Dari sekian banyak gunung yang ada Indonesia, beberapa diantaranya merupakan tujuan favorit para pendaki. Sebabnya, gunung-gunung tersebut memiliki pemandangan spektakuler yang hanya bisa kita nikmati saat kita mendakinya.

Menikmati sunrise di mana saja selalu menyenangkan. Menyaksikan semburat cahaya kemerahan memecah langit saat matahari perlahan menampakkan dirinya, akan memberikan energi tersendiri bagi jiwa. Apalagi ditambah dengan sejuknya udara di pagi hari yang menyegarkan. It’s simply rejuvenating. Maka, tak heran jika banyak yang rela mendaki gunung demi menangkap sunrise terindah. Kalau kamu juga suka mendaki, kamu waiib tahu gunung di Indonesia dengan sunrise terbaik.

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia

1. Gunung Rinjani

Sunrise di Puncak Gunung Rinjani
Sunrise di Puncak Gunung Rinjani via www.pemburuombak.com

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia, pemandangan alam di gunung ini adalah salah satu yang terindah di Indonesia,bahkan dunia,tak terkecuali pemandangan di kala Sunrise, pada saat Sunrise pemandangan dari gunung ini memang sangat luar biasa, kita dapat melihat Eloknya Segara anak dan Gunung Barujari yang begitu manis di pandang dari atas ketinggian Anjani.

Tak ada yang sanggup menolak pesona Rinjani. ‘Anak gunung’ asli Indonesia yang sudah menjajal jalur pendakiannya menuturkan kalau sensasinya seperti tak di Indonesia. Bukan karena topografi alamnya, namun pendaki di waktu-waktu tertentu justru didominasi oleh turis mancanegara. Mereka semua hendak mengucap salam pada sang surya dari puncak Rinjani.

2. Gunung Kerinci

Sunrise di Puncak Gunung Kerinci
Sunrise di Puncak Gunung Kerinci via www.inovasee.com

Melihat matahari terbit di puncak gunung api tertinggi di Indonesia adalah satu sensasi yang ditawarkan Kerinci. Gunung yang ada di provinsi Jambi ini memang sepadan untuk didaki. Dari puncaknya kamu akan lihat beberapa kota di Sumatra Berat, serta suguhan yang paling diburu para pendaki, yakni panorama Danau Gunung Tujuh dari ketinggian.

Dengan menyandang predikat sebagai gunung ap tertinggi di Indonesia, menjadikan gunung kerinci sebagai spot yang terbaik untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit. Kalian perlu menginap dan mendirikan tenda di puncak gunung kerinci untuk dapat menyaksikan keindahan sunrise. Gunung kerinci sendiri memiliki ketinggian 3.805 mdpl, yang merupakan ketinggian yang ideal untuk melihat sunrise secara indah. ohiya, biasanya sunrise di gunung kerinci akan lebih indah saat musim kemarau.

3. Gunung Bromo

Sunrise Gunung Bromo
Sunrise Gunung Bromo via alidesta.wordpress.com

Jangan katakan Anda pernah ke Jawa Timur bila belum menapakkan kaki di gunung api yang indah iniGunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat Anda melihatnya secara langsung.

Hamparan pasir yang punya harmoninya sendiri membuat Bromo jadi destinasi wajib kalau kamu bertandang ke timur Jawa. Berkuda dan menaiki tangga hingga ke puncak adalah beberapa pilihan untuk menikmati Bromo. Pesonanya bertambah kala kamu melihat matahari terbit yang sinarnya seketika menelan kabut, menggantinya menjadi warna keemasan yang begitu serasi dengan kuncup puncak Bromo.

4. Gunung Semeru

Sunrise Gunung Semeru Dari Puncak Mahameru
Sunrise Gunung Semeru Dari Puncak Mahameru via liburanbromomurah.com

Gunung ini adalah yang tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya yang bernama Mahameru, saat ini gunung Semeru menjadi salah satu gunung Paling favorit dan paling sering di daki oleh pendaki Indonesia, dari atas puncak Mahameru kita serasa berada di atas awan, selain itu kita juga bisa melihat pegunungan tengger yang sangat mempesona, terutama di kala Sunrise.

Bagaimana tak tertegun kalau bisa melihat matahari terbit langsung di tanah tertinggi Jawa? Samudra awan yang seakan menambah pesona sang surya yang muncul dengan anggunnya di ufuk timur, akan membius siapapun yang meliatnya. Puncak mahameru dan matahari terbit adalah kombinasi terbaik yang bisa dirasakan di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

5. Gunung Ijen

Sunrise Gunung Kawah Ijen
Sunrise Gunung Kawah Ijen via colouringindonesia.com

Gunung lain di Jawa Timur yang memiliki pemandangan spektakuler adalah Gunung Ijen. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten di Jawa Timur yakni Banyuwangi Situbondo dan Bondowoso. Namun, pos pendakian gunung ini berada di Desa Paltuding, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Gunung Ijen bisa diketegorikan sebagai gunung yang tidak tinggi karna tingginya tidak sampai 3.000 mdpl. Gunung ini memiliki ketinggian maksimal 2.443 mdpl. Yang istimewa dari gunung ini adalah pemandangan api biru yang akan terlihat begitu keren pada dini hari.

Setelah puas melihat pertunjukkan api biru pada dini hari, Ijen tak membuatmu turun hingga matahari menampakkan diri. Melihat pergerakan sang surya sedikit demi sedikit di puncak Ijen memang memberi nuansa intim yang begitu berbeda. Satu cara paling tepat untk menutup penjelajahan yang telah dimulai sejak malam hari di tempat ‘penghasil’ api biru ini.

6. Gunung Merbabu

Sunrise Gunung Merbabu
Sunrise Gunung Merbabu via zonalibur.com

Gunung yang satu ini menurut saya sangat sangat berkesan, karena selain gunungnya mudah di daki gunung ini juga terkenal dengan savananya yang sangat indah, gunung yang terletak di Jawa Tengah ini biasanya ramai dengan pendaki di saat Musim Panas tiba, karena dari puncaknya kita akan bisa melihat Matahari terbit dengan sangat sempurna di ketinggian 3142 MDPL.

Gunung yang berlokasi di Jawa Tengah ini tak hanya terkenal oleh hamparan savananya yang begitu menghipnotis. Berada di puncak Merbabu menyaksikan sang surya menyapa dunia untuk memulai hari lain, berteman dengan angin dingin yang menelesak masuk hingga ke tulang, serta hamparan kabut yang berangsur menipis membuat siapapun merindukan Merbabu dengan begitu mudah.

7. Gunung Papandayan

Sunrise di Puncak Gunung Papandayan
Sunrise di Puncak Gunung Papandayan via travel.detik.com

Gunung yang terkenal dengan Hamparan Edelweisnya ini sangat indah di kala Sunrise, kita dapat melihat matahari terbit yang memancarkan sinarnya di luasnya padang Edelweis Tegal Alun,sungguh pemandangan yang sangat indah, gunung yang teletak di Garut, Jawa Barat ini termasuk gunung paling favorit bagi pendaki pemula, di karenakan Treknya yang cukup mudah dan pendek.

Gunung yang cocok bagi para pemula ini memang tak main-main memberi suguhan pesona alam. Terkenal akan hamparan edelweis, serta hutan mati yang punya pemandangan epik. Namun, keindahan Papandayan tak berhenti di situ. Gunung ini memberi panorama matahari terbit yang nyaris sempurna. Melihat garis cakrawala berbatas puncak gunung-gunung yang mengukung kota Garut.

8. Gunung Tambora

Sunrise di Puncak Gunung Tambora
Sunrise di Puncak Gunung Tambora via alidesta.files.wordpress.com

Gunung tambora yang keberadaannya terletak di dalam lingkup dua Kabupaten yaitu Kabupaten Dompu dan Bima Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian gunung sekitar 2851 mdpl. Salah satu gunung tertua di Indonesia,bahkan dunia, pemandangan yang di suguhkan dari gunung yang terletak di Sumbawa ini sungguh Luar biasa keren,apa lagi jika dikmati di saat Sunrise, seakan-akan kita di bawa ke dunia luar yang sunyi dan sangat menakjubkan.

9. Gunung Kelimutu

Sunrise di Puncak Gunung Kelimutu
Sunrise di Puncak Gunung Kelimutu

Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur juga memiliki sebuah gunung dengan pemandangan yang sangat menawan. Gunung tersebut adalah Gunung Kelimutu. Tinggu Gunung Kelimutu sendiri hanya 1.639 mdpl namun pemandangan yang ditawarkan benar-benar keren. Di puncak gunung ini terdapat tiga buah danau yang dikenal dengan Danau Tiga Warna karna masing-masing air di danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Warna air di danau ini kadang juga berubah seiring waktu. Ketiga danau tersebut memiliki nama masing-masing antara lain Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau biru), Tiwu Ata Polo (danau merah) dan Tiwu Ata Mbupu (danau putih).

Gunung ini juga memiliki banyak mitos. Salah satu mitos menyebutkan kalau air di ketiga danau ini sampai melebur menjadi satu maka dunia akan kiamat. Masyarakat di sana juga percaya bahwa perubahan air di danau ini (yang perubahannya sangat jarang terjadi) merupakan tanda bahwa telah terjadi sebuah peristiwa alam luar biasa di bumi.

10. Gunung Gede Pangrango

Sunrise di Puncak Gunung Gede Pangrango
Sunrise di Puncak Gunung Gede Pangrango via andreenizar.wordpress.com

Gunung Gede merupakan salah satu gunung paling “laris” di Jawa Barat. Sebabnya apalagi kalau bukan pemandangan indah yang dimilikinya. Tempat yang paling indah di Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Tempat ini merupakan padang rumput yang dipenuhi bunga edelweis. Alun-alun Suryakencana merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sang bunda abadi, Edelweis.

Alun-alun Suryakencana berada di ketinggian 2.750 mdpl. Dibalik keindahannya, tempat ini memiliki sebuah mitos. Konon, di Alun-alun Suryakencana kadang-kadang terdengar suara seperti kaki kuda. Suara tersebut dipercaya sebagai suara kuda yang ditunggangi oleh Pangerah Suryakencana bersama rakyat jin. Pangeran Suryakencana sendiri merupakan putra dari pendiri kota Cianjur yakni Pangeran Aria Wiratanudatar dari hubungannya dengan bangsa jin. Menurut mitos, Pangeran Suryakencana bersemayam di sekitar Alun-alun Suryakencana. Apapun mitosnya, yang jelas Alun-alun Suryakencana memiliki pemandangan yang sedap dipandang.

Gunung Gede sendiri berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain Gunung Gede, di kawasan taman nasional ini juga terdapat gunung Pangrango yang juga memiliki padang rumput yang dipenuhi Bunga Edelweis. Namanya adalah Mandalawangi.

11. Gunung Lawu

Sunrise di Puncak Gunung Lawu
Sunrise di Puncak Gunung Lawu via www.pegipegi.com

Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November1885 dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara).

Pesona matahari terbit akan menampakkan wujudnya laksana diatas negri awan yang indah sedikit demi sedikit matahari mulai mengintip, saat inilah dimana hawa dingin di puncak tertinggi yang bisa rasakan hilang oleh keindahan terbitnya matahari laksana lukisan tuhan yang maha esa, betapa besar keagungan tuhan dititik inilah saya merasa bahwa didunia ini saya merasa tidak ada apa – apanya.

Rasanya kita wajib bersyukur karena telah terlahir di Indonesia yang memiliki gunung-gunung yang menghadirkan sunrise terindah di dunia. Tak hanya semburat merah yang memecah langit saja, sunrise di puncak gunung dibingkai dengan latar pemandangan alam yang tak kalah menawan. Jika tidak sekarang, semoga kelak kita diberi kesempatan untuk mengunjungi gunung-gunung di Indonesia dengan sunrise terbaik ini.

 

 

 

 

Comments