Wisata Pulau Mentawai

, , Leave a comment

Wisata Kepulauan Mentawai
Wisata Pulau Mentawai via www.akses-media.com

Salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia, yaitu Kepulauan Mentawai. Tempat ini sendiri merupakan nama salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Barat.

Posisi Kepulauan Mentawai yang ada di tengah Samudera Hindia membuatnya dikelilingi alam laut yang mengagumkan dan sempurna untuk wisata bahari. Kepulauan Mentawai sendiri telah tersohor menjadi salah satu tujuan wisata berpetualang, wisata budaya, dan wisata bahari terutama surfing yang diminati peselancar dalam dan luar negeri.

Kepulauan Mentawai sendiri merupakan rangkaian pulau non-vulkanik dimana gugusan kepulauannya merupakan puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut. Ada empat pulau yang membentuk Kepulauan Mentawai yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Lokasi pulau-pulau tersebut berada di lepas pantai Provinsi Sumatera Barat yang memanjang dan dikelilingi Samudera Hindia.

Bagi anda yang hobi berselancar maka Kepulauan Mentawai adalah tempat yang tepat untuk menantang adrenalin untuk berselancar. Di kepulauan Mentawai sendiri terdapat beberapa titik selancar dengan ombak yang besar dan tinggi, antara lain:

Desa Bosua

Desa Bosua yang memiliki gulungan ombak mencapai 3 meter. Untuk mencapai Desa Bosua sendiri para penelusur dapat menempuhnya 4 jam perjalanan dari Kabupaten Tuapejat dengan menggunakan speedboat. Meskipun pantainya berkarang namun gulungan ombaknya sangatlah sempurna sekali.

Wisata Pulau Mentawai
Wisata Pulau Mentawai via it.avatar-nusantara.com

Pulau Nyang Nyang

Selain Desa Bosua, pilihan lokasi lain untuk berselancar yang bagus adalah Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei. Bahkan para peselancar dunia menyebut ombak Pulau Nyang Nyang merupakan yang tertinggi di dunia dengan ketinggai yang mencapai 4 meter. Ada lagi Pulau Karamajat yang memiliki ombak panjang dan tinggi yaitu mencapai 2 hingga 4 meter. Di desa katurei ini juga tersedia penginapan terapung. Selain itu masih ada tempat yang cocok untuk berselancar antara lain Pulau Koroniki, Awera, Teluk Sibigeu, Teluk Sinakak.

Wisata Pulau Mentawai
Wisata Pulau Mentawai via hariansinggalang.co.id

Pulau Siruso

Apabila anda ingin memilih tempat yang ombaknya tidak terlalu besar maka Pulau Siruso adalah tempatnya. Pulau yang satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati pemandangan dan disini anda bisa berenang juga bermain pasir di tepi pantainya.

Pantai Bulasat

Pantai Bulasat bisa menjadi alternatif lain untuk bersantai, selain memiliki pasir putih, juga sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama hari libur keagamaan. Untuk menuju pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan selama perjalanan akan dimanjakan oleh pemandangan alam hijau indah.

Wisata Pulau Mentawai
Wisata Pulau Mentawai via www.triptrus.com

Jika ingin pergi ke Kepulauan Mentawai, anda hanya bisa menggunakan kapal motor, karena hanya ini satu-satunya akses ke Mentawai. Kapal motor tersebut hanya sanggup beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu Minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin). Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih satu hari. Kapal ini kembali ke Padang pada Selasa dan Jumat malam. Harga tiketnya Rp105.000,- sampai Rp125.000/orang. Namun tersedia juga kapal tambahan yang beroperasi pada Minggu pertama dan kedua setiap bulan. Kapal Ambu-Ambu berangkat pada Sabtu malam dari Muara Padang dan kembali dari Siberut ke Padang pada Minggu malam.

Namun jika berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau maka anda dapat naik pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora. Setelah itu, anda bisa menyewa kapal untuk perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai ke Muara Siberut.

Karena ditujukan untuk para surfer, penginapan di Mentawai pun mengusung konsep surf camp yang bisa menampung beberapa peselancar di sebuah rumah penduduk. Ada beberapa losmen atau penginapan murah yang dapat Anda temukan saat hendak berlibur ke Mentawai

Comments