Wisata Pulau Maratua

, , Leave a comment

Wisata Pulau Maratua
Wisata Pulau Maratua via travel.kompas.com

Di balik ketenaran nama Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, masih ada Pulau Maratua yang tak kalah indah menyajikan hamparan laut birunya. Bahkan, pulau yang satu ini masih jarang dikunjungi, cocok bagi yang ingin berbulan madu atau sekadar menikmati keindahan laut tanpa hingar-bingar. Pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk mencapai pulau ini, butuh waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kapal cepat dari Pulau Derawan. Letih selama perjalanan akan menguap seketika tatkala Anda menginjakkan kaki di Maratua. Keindahan laut biru jernih di Maratua akan menghipnotis mata siapa pun yang memandangnya.
Secara letak, Maratua memang dekat dengan Derawan, cukup satu jam bila menggunakan speed boat. Sedangkan bagi anda dari Jakarta yang ingin datang ke sini bisa melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Maratua bak “surga” bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut. Asyiknya, spot yang ditawarkan cukup banyak, meski harga yang ditawarkan cukup mahal tentu hal ini bukan masalah berarti bagi pecinta diving berkantung tebal.

Wisata Pulau Maratua
Wisata Pulau Maratua via vacationspotindonesia.wordpress.com

Suasana hening dan deburan ombak yang mulai meyapu seiring air laut yang pasang menawarkan sensasi yang berbeda, sayangnya akibat kabut asap yang sedang melanda turunnya sang surya di waktu sunset menjadi hilang. Ikan-ikan laut dari beberapa jenis langsung bisa terlihat bermain di bawah dermaga. Mulai dari lion fish sampai pari putih. Uniknya penyu pun suka menampakkan diri di waktu pagi atau menjelang sore hari bermain di permukaan air dangkal.

Lebih istimewa lagi, di pulau ini Anda dapat menemukan resort dengan bangunan khas seperti di Maladewa. Salah satu penginapan terlengkap adalah Maratua Paradise Resort. Selain punya dermaga sendiri, posisinya juga langsung berhadapan dengan laut lepas, bahkan beberapa kamar sengaja didirikan tepat di bawah bibir laut.  Per malamnya, satu orang dihitung mulai dari Rp 660.000 sampai Rp 990.000 untuk water villa yang tepat di bawah bibir pantai. Biaya transportasi menuju Maratua melalui Tarakan dikenakan biaya pulang-pergi sebesar Rp 10-12 juta untuk tujuh orang. Sedangkan bila dari Berau harganya sedikit lebih murah karena faktor waktu yang lebih cepat, yakni Rp 7 juta untuk 7 orang pulang-pergi.

Comments